Panwascam Dumoga Barat Aktif Gelar Patroli Kawal Hak Pilih 

Terastoday.com,BOLMONG– Guna memastikan tahapan pemutakhiran daftar pemilih berjalan lancar dan sesuai aturan. Panwaslu Kecamatan Dumoga Barat aktif melaksanakan giat patroli pengawasan tahapan Pencocokan dan Pendataan Pemilih (Coklit) Pilkada 2024 di wilayahnya.

Ketua Panwascam Dumoga Barat, Suharja Bonde mengungkapkan, sejak hari pertama dimulai, pihaknya terus mengawal seluruh aktifitas petugas Pantarlih saat melaksanakan tahapan Coklit di rumah-rumah warga.

BACA JUGA: Bawaslu Bolmong Perketat Pengawasan Coklit Pilkada, Kenali Jenis Pelanggaran dan Ancaman Pidananya 

Olehnya, pengawasan tahapan Coklit merupakan hal paling krusial dan penting dilakukan. Mengingat, penyusunan dan pemuktahiran daftar pemilih menjadi penentu jalannya seluruh proses puncak Pilkada pada November 2024 mendatang.

“Sejalan dengan instruksi Bawaslu Kabupaten Bolmong, pengawasan ini juga termaktub sebagaimana perintah Undang-undang RI nomor 10 tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota,” ujar Suharja.

Pun ia membeberkan, sasaran utama patroli kawal hak pilih yang dilakukan pihaknya adalah para pemilih disabilitas. Menurutnya, hal ini rentan terabaikan oleh petugas Pantarlih dilapangan.

“Yang lebih utama, kami wajib memastikan apakah mereka (warga disabilitas.Red) sudah di Coklit atau tidak, kemudian meminimalisir hak pilihnya agar tidak disalahkan gunakan pada saat momentum Pilkada berlangsung,” imbuhnya.

BACA JUGA: Bawaslu Bolmong Tekankan Panwascam dan PKD Aktif Awasi Coklit Pilkada 2024

Untuk itu Suharja menekankan, agar Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) terus melakukan pendampingan kepada petugas Pantarlih saat mendatangi rumah warga sasaran Coklit.

“Kalau ad warga yang merasa belum terdata oleh petugas Pantarlih, maka segera menghubungi PKD setempat agar dapat ditindaklanjuti,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, giat patroli Kawal Hak Pilih ini melibatkan Ketua dan anggota divisi, para PKD serta jajaran Panwascam Dumoga Barat.

Editor: Chandra Mokoagow 

Check Also

Terastoday.com

Resmi Diperpanjang, Empat Sangadi di Dumoga Barat ini Akan Menjabat Hingga Tahun 2030

Terastoday.com,BOLMONG– Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow resmi mengukuhkan perpanjangan masa jabatan 193 Sangadi (Kepala desa.red) menjadi …