Dukung Pelestarian Lingkungan, KPU Bolmong Ikuti Camping Pilkada 2024

Terastoday.com, BOLMONG– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow baru-baru ini mengikuti kegiatan sosialisasi tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara 2024, yang digelar di Lingkungan Wawowow Kota Tomohon.

Diketahui, kegiatan yang digagas oleh KPU Sulut dalam bentuk Camping Pilkada dengan tajuk “Menuju Pilkada Serentak Ramah Lingkungan Sulawesi Utara Tahun 2024” turut melibatkan 20 Komunitas Pencinta Alam serta narasumber yang kompeten di bidangnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Sulawesi Utara, Awaludin Umbola menyebut bahwa acara ini tidak hanya fokus pada teknis pelaksanaan Pilkada, tetapi juga memperlihatkan komitmen KPU Sulut terhadap pelestarian lingkungan.

Dalam sambutannya, Umbola menekankan pentingnya mempertahankan prinsip Pemilu yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil.

“Tentunya pada kegiatan ini, kita akan membahas rumusan hal-hal konkret yang dapat kita sumbangkan untuk Pilkada tanpa mengenyampingkan regulasi dan prinsip Pemilu,” ujarnya sembari berharap, hal seperti ini dapat dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota se Sulawesi Utara.

Sekedar informasi, kegiatan tersebut turut menghadirkan sejumlah pemateri yang diantaranya, Dr. Felly F. Warouw selaku Akademisi, Marlon E. Kamagi, Putri D. Potabuga dari Climate Institute serta Ronny A. Buol selaku Jurnalis senior Zonautara.com.

Pun dalam sesi diskusi, para peserta dibagi dalam tiga kelompok, yakni Pungut Hitung, Kampanye, dan Debat Kandidat. Dimana dalam diskusi itu menghasilkan rekomendasi yang bertujuan untuk memperbaiki proses Pilkada dan meningkatkan partisipasi masyarakat.

Turut hadir sebagai moderator pada kegiatan ini, yaitu Raymond F. Mamahit Fungsional Ahli Madya KPU Sulut, serta Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM bersama Kepala Sub Bagian Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat di masing-masing 15 KPU kabupaten/kota se- Sulut. (**)

Check Also

Terastoday.com

Resmi Diperpanjang, Empat Sangadi di Dumoga Barat ini Akan Menjabat Hingga Tahun 2030

Terastoday.com,BOLMONG– Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow resmi mengukuhkan perpanjangan masa jabatan 193 Sangadi (Kepala desa.red) menjadi …