Lantik 198 Anggota PKD se Bolmong, Radikal: Jaga Integritas dan Marwah Bawaslu

“Pelantikan 200 Pengawas Kelurahan/Desa: Bawaslu Bolmong Siapkan Kader Pengawas Pilkada 2024”

Terasrtoday.com,BOLMONG– Sebanyak 198 Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se Kabupaten Bolaang Mongondow resmi dilantik oleh Bawaslu Kabupaten Bolmong. Pelantikan berlangsung di Ballroom Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Minggu (02/06/2024).

Diketahui jumlah PKD tersebut belum sepenuhnya terpenuhi. Hal ini dikarenakan masih ada 2 desa dari total 202 desa/kelurahan yang tidak memiliki pendaftar hingga batas akhir rekrutmen PKD yang dibuka Bawaslu Bolmong melalui Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Sementara untuk 2 orang yang tidak sempat menghadiri pelantikan berasal dari Desa Nonapan 1 Kecamatan Poigar dan Desa Poyuyanan Kecamatan Passi Barat. Pimpinan Panwas Kecamatan yang mengampu kedua PKD tersebut menjelaskan bahwa alasan ketidakhadiran PKD merupakan hal yang bukan di sengaja sebab sesaat sebelum pelantikan, PKD Nonapan 1 tidak bisa hadir di karenakan kondisi orang tua yang sedang sakit dan tidak ada yang menjaga sehingga mengharuskan dia untuk tidak dapat hadir dalam acara pelantikan.

Menurut Ketua Bawaslu Bolmong Radikal Mokodompit, seharusnya jumlah PKD yang dilantik hari ini berjumlah 202 orang, sesuai dengan jumlah desa/kelurahan yang ada di 15 kecamatan se Kabupaten Bolaang Mongondow.

Radikal menerangkan, adapun yang dilantik hari ini merupakan utusan 198 desa dan 2 kelurahan. Sementara untuk 2 desa lainnya yakni, PKD di Desa Bilalang dan Desa Inuai belum terisi.

“Nantinya Panwascam akan berkoordinasi dengan pihak desa serta melakukan sosialisasi ke masyarakat di wilayah tersebut tentang pentingnya peran PKD dalam mengawal agenda Pilkada 2024,” terang Radikal

Radikal berharap, ke 200 personil PKD yang dilantik dapat menjaga integritas Bawaslu saat menjalankan tugas dilapangan. Termasuk meminimalisir terjadinya pelanggaran pada Pilkada 2024 yang akan digelar pada November 2024 nanti.

Oleh sebab itu, ia meminta pengawas Pemilu supaya memiliki dan memahami prinsip-prinsip kemandirian, jujur, adil, independen, profesional, imparsialitas dan berintegritas.

Ditempat yang sama, Pj Bupati Bolmong Jusnan Calamento Mokoginta melalui Asisten I Deker Rompas menyampaikan ucapan selamat kepada 200 anggota PKD yang resmi dilantik.

“Tetap jaga profesionalitas dalam mengawal dan mengawasi proses demokrasi, saya yakin dan percaya seluruh PKD memahami apa itu tugas dan fungsi pengawasan,” ucap Deker.

Di akhir sambutannya, Deker menegaskan akan terus melakukan koordinasi dengan pihak penyelenggara termasuk pihak Bawaslu dalam mensukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Bolmong tahun 2024.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut antaranya, Ketua dan Anggota Bawaslu Bolmong, Kapolres Bolmong, Ketua KPU Afif Zufri, Asisten I Pemkab Bolmong, Camat se Kabupaten Bolaang Mongondow serta Ketua dan jajaran Panwaslu kecamatan.

Editor: Chandra Mokoagow

Check Also

Bawaslu Bolmong Resmi Lantik 45 Anggota Panwaslu Kecamatan untuk Pilkada 2024

Terastoday.com,BOLMONG– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow resmi melantik 45 anggota Panwaslu Kecamatan untuk …