KPU Bolmong

KPU Bolmong Gelar Bimtek dan Simulasi e-Coklit Bagi PPK di 15 Kecamatan

Terastoday.com, BOLMONG– KPU Kabupaten Bolmong terus melaksanakan tahapan demi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Terbaru, KPU Bolmong melaksanakan Bimtek persiapan pembentukan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) dan simulasi e-Coklit guna pencocokan dan penelitian data pemilih pada Pilkada serentak 27 November mendatang.

Kegiatan yang terpusat di Ballroom Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Sabtu (15/6/2024) ini turut melibatkan ketua dan jajaran anggota PPK yang tersebar di 15 kecamatan se-Kabupaten Bolaang Mongondow.

Bimtek KPU

Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Jalaludin Kosasi menyebut, Bimtek kali ini dalam rangka persiapan Pemutakhiran Data Pemilih serta Penggunaan e-coklit bagi PPK agar tidak menemui kendala dalam pencocokan data pemilih yang akan dilakukan oleh petugas Pantarlih nantinya.

Ia menerangkan, nantinya dalam pelaksanaan Coklit akan dilakukan dengan dua metode, yakni secara manual maupun menggunakan aplikasi Elektronik Coklit (E-Coklit).

“Tentunya dibutuhkan kemampuan Teman-teman petugas yang di lapangan agar data yang kita peroleh benar benar aktual.” ujar Jalaludin.

Jalaludin menekankan, bahwa verifikasi dan validasi data pemilih adalah bagian terpenting saat melakukan pendataan di lapangan.

“Verifikasi data sangat perlu dilakukan, sebab keberhasilan dalam pemuktahiran data akan menjadi faktor penentu kualitas hasil Pemilukada,” imbuhnya.

Pun kepada seluruh peserta Bimtek,  Jalaludin mengimbau untuk terus melakukan koordinasi hirarki diatasnya serta tidak menggunakan interpretasi sendiri saat menemui kendala di lapangan.

“Kalau ada kendala di lapangan, segera berkoordinasi ke tingkat lebih atas. Jangan merubah regulasi yang sudah di atur,” pungkasnya.

Usai mendapatkan materi dan arahan dari komisioner KPU, acara kemudian dilanjutkan dengan simulasi pengisian data pemilih berbasis e-Coklit kepada seluruh PPK.

Turut hadir dalam agenda Bimtek tersebut yakni Ketua dan anggota KPU Bolmong diantaranya Afif Zuhri, Jalaludin Kosasi, Alfian Pobela, dan Sekretariat KPU Ratuganesty Mokoginta serta PPK se Kabupaten Bolmong.

Editor: Chandra Mokoagow

Check Also

Dukung Pelestarian Lingkungan, KPU Bolmong Ikuti Camping Pilkada 2024

Terastoday.com, BOLMONG– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow baru-baru ini mengikuti kegiatan sosialisasi tahapan Pemilihan …