Jelang Pilkada 2024, KPU Bolmong Gelar Sosialisasi Bersama Stakeholder dan Parpol

Terastoday.com,BOLMONG– Dalam rangka menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, KPU Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar sosialisasi terkait tahapan-tahapan Pilkada, Jumat (21/6/2024).

Sosialisasi tahapan Pilkada yang digelar di Hotel Sutan Raja Kotamobagu tersebut, turut dihadiri sejumlah perwakilan Forum Pimpinan Daerah (Forkominda), Bawaslu, perwakilan Partai Politik (Parpol) serta sejumlah Camat se Kabupaten Bolmong.

 

Dalam kesempatan itu, Komisioner KPU Bolmong, Sandi Saputra Dama selaku Ketua Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM menyebutkan, tahapan Pilkada memiliki landasan hukum yang penting di sosialisasikan kepada stakeholder, dan utamanya bagi Parpol yang menjadi peserta politik.

Sandi menerangkan, dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolmong tahun 2024, ada produk hukum yang bersifat eksternal untuk masyarakat luas dan internal untuk KPU itu sendiri.

“Semoga dengan dilaksanakannya sosialisasi hari ini, akan mewujudkan demokrasi yang aman, bermartabat serta sejalan dengan amanat konstitusi,” tukasnya.

Pun dirinya berharap, menjelang pesta demokrasi di Kabupaten Bolmong, sinergitas antara KPU, Bawaslu, stakeholder dan seluruh Parpol akan terus berjalan baik hingga berakhirnya seluruh proses tahapan Pilkada 2024.

“Tentunya ini bukan tugas yang mudah, namun dengan kita bergandengan tangan bersama, saya optimis pesta demokrasi ini akan berjalan lancar,” ucap Sandi.

Mengakhiri sambutannya, memberikan menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Bolmong yang telah memfasilitasi anggaran untuk KPU Bolmong dalam rangka penyelenggaraan Pilkada ini.

“Tanpa dukungan anggaran sesuai UU Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, sumber anggarannya berasal dari APBD pemerintah daerah setempat Pilkada tentu tidak akan berjalan sukses,” ungkap Sandi.

Sekedar informasi, turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Komisioner KPU Bolmong Jalaludin Koesasi Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Alfian B Pobela Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan. Yohanes D Tumengkol Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, dan pimpinan Bawaslu Bolmong, serta Nara Sumber. (Advertorial)

Editor: Chandra Mokoagow

Check Also

Dukung Pelestarian Lingkungan, KPU Bolmong Ikuti Camping Pilkada 2024

Terastoday.com, BOLMONG– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow baru-baru ini mengikuti kegiatan sosialisasi tahapan Pemilihan …