Jadi Irup Hari Lahir Pancasila, Wabup Deddy Ajak Masyarakat Jaga Ideologi Bangsa 

Terastoday.com,BOLSEL– Wakil Bupati Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), Deddy Abdul Hamid menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam peringatan Hari Lahir Pancasila di lingkungan Pemkab Bolsel yang digelar di Alun-alun Molibagu, Sabtu (01/06/2024).

Pada kesempatannya, Wabup Deddy Abdul Hamid membacakan naskah pidato Kepala BPIP Prof. Yudian Wahyudi, dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

Dimana keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Wabup Deddy menekankan bahwa Pancasila adalah fondasi ideologi bangsa yang harus selalu dijadikan pedoman dalam kehidupan bernegara.

“Hari ini, 1 Juni 2024, adalah Hari Lahir Pancasila, hari ketika Bung Karno pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang BPUPK,” ungkapnya.

Terkait hal itu, Deddy mengajak seluruh masyarakat untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode yang relevan. Uatamanya dalam menyongsong era bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

Menurutnya, Pancasila harus selalu menjadi landasan dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Sebabnya, meski ditengah krisis global yang sedang berlangsung, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik.

Wabup Deddy menegaskan bahwa keberhasilan ini adalah hasil dari gotong royong seluruh rakyat Indonesia, dengan Pancasila sebagai dasar ideologi yang mempersatukan.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” pungkas Deddy menutup pidatonya.

Editor: Chandra Mokoagow 

Check Also

Bupati Bolsel Sebut Desa Soguo Layak Jadi Juara Lomba Desa di Tingkat Provinsi Sulut

Terastoday.com,BOLSEL– Bupati H. Iskandar Kamaru menyambut kunjungan rombongan Tim Penilai Lomba Desa tingkat Provinsi Sulawesi …