Inovatif, Sangadi Kinomaligan “Tarik” Anggaran Rp 2 Milyar untuk Pembangunan Desa

“Inovasi dan strategi Sangadi Kinomaligan untuk pembangunan infrastruktur desa”

Terastoday.com,BOLMONG– Kemampuan pemerintah desa dalam membangun komunikasi dengan sejumlah stakeholder, merupakan salah satu faktor keberhasilan pembangunan, baik di bidang infrastruktur, ekonomi sosial serta di bidang kemasyarakatan.

Hal ini tentunya tak lepas dari peranan penting kepala desa sebagai pemegang kendali roda pemerintahan di wilayahnya.

Haryono Bobuyongki adalah salah satu Kepala Desa (Sangadi) di Kecamatan Dumoga Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menjadi contoh sukses bagaimana komunikasi yang baik dapat membangun jejaring dan mendapatkan lobi-lobi anggaran pembangunan dari tingkat daerah hingga pusat.

Seperti diketahui, di tahun 2024 ini Sangadi Haryono Bobuyongki berhasil menyerap anggaran hingga mencapai angka Rp 2 milyar untuk pembangunan infrastruktur di desa yang dipimpinnya, yakni Desa Kinomaligan.

Haryono menekankan bahwa besarnya anggaran yang diterima Desa Kinomaligan tidak datang secara instan. Ia aktif melakukan kunjungan ke berbagai instansi daerah dan kementerian, menjemput bola untuk mendapatkan dukungan finansial.

“Untuk kesekian kalinya, Desa Kinomaligan mendapatkan anggaran mencapai milyaran rupiah, yang bersumber dari APBD daerah, APBD provinsi dan APBN pemerintah pusat, tahun anggaran 2023-2024,” ungkapnya.

Haryono membeberkan, anggaran yang masuk tersebut terbagi untuk beberapa program infrastruktur serta sarana dan prasarana penunjang lainnya yang ia dapat melalui program aspirasi dan Pokir anggota DPR dan DPRD.

“Dari APBN itu ada BSPS sebanyak 15 unit, Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) 2 unit, PISEW dan Pamsimas. Yang di dapat melalui program aspirasi anggota DPR-RI bapak Jendri Kentjem,” beber Haryono.

Lanjutnya, untuk program pembangunan yang bersumber dari APBD Provinsi, ia mendapatkan sebanyak 2 unit pembangunan jalan paving blok. Yang dimana pembangunan tahap 2 akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Awal tahun 2024, sudah dibangun jalan paving. Selanjutnya akan ada pekerjaan tahap berikutnya kurang lebih 400 meter,” imbuhnya.

Sementara untuk anggaran yang bersumber dari APBD, ia menyebut ada beberapa pekerjaan infrastruktur yang saat ini tengah dikerjakan.

Pun Haryono berharap, percepatan pembangunan ini dapat menjadikan Desa Kinomaligan sebagai desa terdepan di Kabupaten Bolmong bahkan di tingkat nasional.

“Upaya pemerataan pembangunan sudah maksimal saya lakukan, selebihnya dukungan masyarakat adalah hal paling penting guna mendorong Desa Kinomaligan menjadi desa terbaik di Kabupaten Bolmong bahkan dikancah nasional,” pungkasnya.

Meski demikian, ia tak menampik adanya isu-isu negatif selama masa pemerintahannya. Namun bagi Haryono, fokus pada tanggung jawab sebagai pemimpin jauh lebih penting.

“Lumrah bagi seorang pemimpin apalagi kepala desa, jika mendapati citra negatif. Tapi bagi saya, membangun desa tercinta adalah tujuannya,” tutupnya.

Editor: Chandra Mokoagow 

 

Check Also

Resmi Dilantik KPU, 606 Personil PPS se Bolmong Siap Sukseskan Pilkada 2024

Terastoday.com, BOLMONG– KPU Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) resmi melantik sebanyak 606 anggota Panitia Pemungutan Suara …