Visualisasi erupsi Gunung Ruang, disertai abu larva dan petir

Status Gunung Ruang Naik ke Level IV, PVMBG Keluarkan Bahaya Potensi Tsunami

Terastoday.com, SULUT– Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikan status erupsi Gunung Ruang, Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (Awas).

Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental PVMBG, terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik pada Gunung Ruang, maka tingkat aktivitas Gunung Ruang dinaikkan dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (Awas) terhitung mulai tanggal 17 April 2024 pukul 21.00 WITA.

Gunung Ruang
Peta Rekomendasi aktivitas Gunung Ruang, Kepulauan Sitaro

Melansir dari laman resmi PVMBG, aktifitas Gunung Ruang per Tanggal 17 April 2024 pukul 18.00 WITA mengalami erupsi dengan ketinggian mencapai 2.500 m dari puncak.

Erupsi kembali terjadi pada pukul 20.15 WITA dengan tinggi kolom erupsi teramati berwarna kelabu hingga hitam mencapai ketinggian sekitar 3.000 m di atas puncak yang disertai suara gemuruh dan gempa terasa di Pos PGA Ruang.

Dalam keterangan resminya, Kepala PVMBG Hendra Gunawan mengimbau masyarakat yang berada di radius Enam kilometer segera melakukan evakuasi guna menghindari erupsi Gunung Ruang.

“Masyarakat yang bermukim di wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius enam kilometer agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius enam kilometer,” kata Hendra Gunawan dalam prres rilisnya di Jakarta, 17 April 2024.

Tak hanya itu, Hendra juga mengimbau agar masyarakat di Pulau Tagulandang untuk terus bersikap waspada dari segala kemungkinan, termasuk bahaya bencana tsunami.

“Masyarakat di Pulau Tagulandang khususnya yang bermukim di dekat pantai agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas, dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut,” pungkasnya.

Editor: Chandra Mokoagow

Check Also

Pimpin Sertijab Wakapolres dan Kasat Intel, AKBP Indra:  Perubahan Positif dalam Manajemen Polri

Terastoday.com,BOLSEL– Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kabupaten Bolmong Selatan¬† AKBP. Indra Wahyu Madjid S.I.K menggelar upacara …