Jelang Tahapan Pilkada 2024, Rekrutmen Anggota Panwaslu Kecamatan di Bolmong Mulai Bergulir

Terastoday.com,BOLMONG– Bawaslu Bolmong memulai tahapan proses rekrutmen anggota Panwaslu Kecamatan untuk memperkuat pengawasan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 mendatang.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Koordiv Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Akim Edward Mokoagow, yang mengatakan bahwa penerimaan berkas calon Panwascam telah dimulai sejak 23 April 2024 dan akan berlangsung hingga 27 April 2024.

Proses penerimaan berkas ini terutama ditujukan bagi Panwascam existing yang masih bertugas dalam Pemilu 2024.

Akim menuturkan, anggota Panwaslu yang bertugas sebelumnya masih akan melewati evaluasi kinerja berdasarkan panduan yang telah ditetapkan oleh Bawaslu RI.

“Evaluasi ini merupakan langkah penting untuk memastikan kualitas pengawasan yang dilakukan oleh Panwascam selama masa tugas mereka dalam Pemilu,” ujarnya.

Dibeberkannya, dalam proses penilaian pendaftar yang sudah ada, terdapat dua aspek yang menjadi fokus, yaitu portofolio calon Panwaslu dan evaluasi kinerja dari pimpinan.

“Komposisi penilaian tersebut terdiri dari 40 persen untuk portofolio dan 60 persen untuk evaluasi kinerja dari pimpinan. Dengan kata lain, pendaftar yang sudah ada harus memperoleh nilai minimal 62,5 untuk dipertimbangkan kembali sebagai pengawas pemilu,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, bagi calon Panwaslu kecamatan yang belum terdaftar, maka pendaftaran umum akan dibuka pada bulan Mei mendatang, usai pengumuman hasil existing.

“Untuk kebutuhan pendaftaran baru kita bisa lihat dahulu setelah diumumkan Panwaslu kecamatan yang existing di 15 kecamatan itu akan terlihat, kemudian kami akan membuka proses pendaftaran baru,” pungkasnya.

Editor: Chandra Mokoagow

Check Also

Terastoday

Belum Kantongi Izin dan Dianggap Membahayakan, Aktivitas PT Surya Pratama Doloduo Diminta Berhenti Beroperasi

Terastoday.com,BOLMONG– Aktivitas eksplorasi PT. Surya Pratama Doloduo, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan emas …