Kunker ke Kementerian LHK, Ketua DPRD Bolsel Paparkan Sejumlah Program Strategis

Terastoday.com,DPRD– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) baru-baru ini melangsungkan Kunjungan Kerja (Kunker) yang sangat penting ke Kantor Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI, Rabu (06/03)2024.

Agenda Kunker ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bolsel, Ir. Arifin Olii, bersama dengan wakil ketua dan para anggota DPRD Bolsel.

Selama kunjungan mereka, rombongan DPRD Bolsel disambut dengan hangat oleh jajaran Direktorat Bina Pemanfaatan Hutan KLHK, terutama oleh Direktur Erwan Sudaryanto.

Ketua DPRD Bolsel, ketika dihubungi, menyatakan bahwa tujuan dari Kunker ini adalah untuk menjalin silaturahmi yang erat dengan jajaran Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

“Kunjungan ini sangat penting karena terkait dengan Pemanfaatan Hutan Produksi dan Hutan Lindung di daerah kita di Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Republik Indonesia,” ungkap Ketua DPRD Bolsel.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa Kabupaten Bolsel secara geografis terletak di Kawasan Hutan Lindung, sehingga kunjungan ini juga berkaitan dengan program Tanah Obyek Reforma Agraria atau TORA.

Tindakan ini menunjukkan komitmen DPRD Bolsel dalam memperjuangkan isu-isu lingkungan hidup yang krusial, terutama terkait dengan pemanfaatan hutan dan upaya untuk mempertahankan keseimbangan ekosistem di wilayah tersebut.

“Melalui kemitraan yang kuat dengan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, diharapkan upaya-upaya untuk menjaga kelestarian alam dapat dilakukan dengan lebih efektif,” ucap Arifin

Ia juga menjelaskan, salah satu fokus utama dari kunjungan ini adalah pembahasan mengenai Pemanfaatan Hutan Produksi dan Hutan Lindung.

Hal ini menjadi sangat relevan mengingat Kabupaten Bolsel memiliki potensi besar dalam hal sumber daya alam, terutama dalam sektor kehutanan.

“Dengan adanya dialog dan kerja sama antara DPRD Bolsel dan KLHK, diharapkan strategi yang tepat untuk mengelola hutan produksi dan lindung dapat terwujud,” paparnya.

Selain itu, program Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) juga menjadi sorotan penting dalam kunjungan ini.

Dimana kata Arifin, TORA merupakan program yang bertujuan untuk memberikan kepastian hukum atas tanah kepada masyarakat, termasuk dalam konteks pemanfaatan lahan yang berkelanjutan.

Dengan adanya kerja sama antara DPRD Bolsel dan pihak terkait di Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, diharapkan implementasi program TORA di Kabupaten Bolsel dapat berjalan dengan lebih lancar dan memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat. (Advertorial)

Check Also

Jelang Pilkada 2024, KPU Bolmong Gelar Sosialisasi Bersama Stakeholder dan Parpol

Terastoday.com,BOLMONG– Dalam rangka menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, KPU Kabupaten Bolaang Mongondow …