Terastoday
Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, berharap agar penetapan HUT Bolaang Uki harus libatkan tokoh-tokoh masyarakat./istimewa

Jadi Narsum Dialog Kebudayaan, Bupati Iskandar Usulkan Penetapan HUT Bolaang Uki Harus Merujuk Peristiwa Bersejarah

Terastoday.com, BOLSEL– Bupati H. Iskandar Kamaru SPt, MSi memukau hadirin sebagai narasumber dalam acara Dialog Budaya Musyawarah Masyarakat Bolaang Uki dengan tema yang menarik, “Kapan HUT Bolaang Uki?” Acara ini digelar di lokasi Molibagu Ramadhan Fest, tepatnya di Alun-alun Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki pada malam Kamis (21/3/2024).

Dalam dialog yang begitu dinamis dan penuh inspirasi, Bupati Iskandar menjelaskan pentingnya menetapkan tanggal yang tepat untuk perayaan HUT Bolaang Uki.

Terastoday.com

Bupati menegaskan bahwa keputusan ini haruslah melibatkan sebuah tim yang terdiri dari tokoh adat, sejarawan serta tokoh-tokoh masyarakat setempat.

“Menetapkan tanggal yang tepat untuk HUT ini sebaiknya merujuk pada peristiwa bersejarah atau peristiwa heroik masa lalu yang memiliki nilai yang kuat dalam masyarakat,” ungkap Bupati Iskandar dengan penuh semangat.

Selanjutnya, Bupati yang juga merupakan sosok eksekutif yang visioner mengusulkan untuk mengadakan seminar khusus saat perayaan HUT Bolsel, guna membahas sejarah Suku Bolango berdasarkan buku yang telah disusun oleh Alm. Deddy Van Gobel.

Menurutnya, hal ini menjadi langkah yang sangat positif untuk menggali lebih dalam tentang warisan budaya dan sejarah yang begitu kaya di wilayah ini.

Tidak hanya sampai di situ, Bupati juga memberikan saran yang menarik yaitu untuk membuat Kamus bahasa Bolango.

Yang dimana, Kamus tersebut nantinya akan menjadi bahan pelajaran penting dalam mata pelajaran mulok di sekolah-sekolah.

Langkah ini diharapkan dapat menguatkan identitas budaya lokal dan memperkaya pengetahuan generasi muda tentang kekayaan bahasa dan budaya di daerahnya.

“Pemerintah Daerah juga memiliki rencana yang luar biasa untuk membangun replika mahligai kerajaan. Hal ini bertujuan agar semua masyarakat Bolaang Mongondow Selatan dapat lebih memahami tentang asal-usul wilayah eks swapraja Bolaang Uki,” lanjut Bupati Iskandar, sembari menjelaskan visi pemerintah dalam melestarikan dan memperkenalkan warisan budaya yang begitu berharga.

Dialog kebudayaan ini berlangsung penuh semangat dan kehangatan. Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, pemuda, serta jajaran pimpinan Pemerintah Daerah (PD) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Bolsel.

Tak ketinggalan, warga masyarakat yang berkunjung ke Molibagu Ramadhan Fest juga turut memeriahkan dialog ini dengan penuh antusias. (Advertorial)

Check Also

Polres Bolsel Jamin Ketenangan Umat Kristiani Pada Perayaan Ibadah Jumat Agung dan Paskah

Terastoday.com,BOLSEL – Kehadiran Personel Polres Bolaang Mongondow Selatan, dalam menjaga keamanan dan ketertiban pada perayaan …