Tak Kunjung Diperhatikan, APMIBM Geruduk Kantor Bupati Bolmong 

Terastoday.com,BOLMONG– Massa Aksi yang mengatasnamakan Aliansi Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondow (APMIBM), menggelar aksi di depan Kantor Bupati Bolaang Mongondow, Selasa (06/02/2024).

APMI Bolaang Mongondow yang merupakan gabungan dari pelajar dan mahasiswa yang melanjutkan studi baik di Kota Manado maupun di Provinsi Gorontalo ini, melayangkan sejumlah tuntutan terkait perbaikan gedung Asrama Bogani (Asbog), salah satunya yang terletak di Provinsi Gorontalo.

Pasalnya, gedung Asbog yang sudah berpuluh tahun ditempati para mahasiswa Bolaang Mongondow tersebut, kondisinya kini semakin memprihatinkan serta jauh dari kata layak untuk dijadikan tempat tinggal.

Terkait hal itu, APMIBM mendesak Bupati Bolaang Mongondow, yang saat ini dijabat oleh Ir. Limi Mokodompit, agar melakukan evaluasi kinerja stakeholder pengelola barang milik daerah yang dinilai kurang responsif.

Farhan Moh. F. Bonde, selaku koordinator lapangan mengungkapkan bahwa pemerintah daerah tidak memberikan hak dan kewajiban bagi pelajar dan mahasiswa yang tinggal di asrama bogani.

Ia menyebut, jelas-jelas telah terpampang bahwa tanah dan bangunan Asbog tersebut adalah milik pemerintah daerah Kabupaten Bolaang Mongondow. Itu artinya pemerintah bertanggungjawab dalam melakukan pemeliharaan terhadap asrama bogani, termasuk sara dan prasarananya.

“Namun yang terjadi, Pemda Bolmong seolah-olah tidak menganggap keberadaan bangunan yang sudah mencetak berbagai putra-putri terbaik. Ini berbeda dengan daerah lainnya, yang kerap diperhatikan oleh pimpinan daerah,” ujar Farhan.

Farhan menegaskan, APMI Bolaang Mongondow akan kembali melakukan aksi lanjutan apabila Pemda Bolmong lambat dalam menindaklanjuti poin-poin yang telah disampaikan.

Senada dikatakan ketua KPMIBM Kota Gorontalo Donny Laurestabo, dimana pemerintah daerah sering melakukan kunjungan dari tahun ke tahun namun tidak ada kejelasan mengenai perbaikan Asrama Bogani.

“Kami menilai, pemerintah hanya datang menghabiskan anggaran daerah dengan keseringan berkunjung dan menawarkan janji-janji perbaikan asrama bogani”, imbuhnya.

Sementara itu, Plt. Sekretaris Daerah Bolmong, Abdullah Mokoginta, merespon masa aksi APMIBM dengan melakukan diskusi terkait hal-hal yang menjadi tuntutan para demonstran.

“Tentunya apa yang menjadi tuntutan adik-adik APMIBM ini, menjadi perhatian Pemda Bolmong untuk diterima dan ditindaklanjuti,” pungkas Abdullah

Check Also

Resmi Dilantik KPU, 606 Personil PPS se Bolmong Siap Sukseskan Pilkada 2024

Terastoday.com, BOLMONG– KPU Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) resmi melantik sebanyak 606 anggota Panitia Pemungutan Suara …