Bolsel Jadi Daerah Pertama di BMR dalam Penyerahan Pagu Dandes 2024, Bupati: Hati-hati Menggunakan Dana Desa

Terastoday.com,BOLSEL– Bupati H. Iskandar Kamaru, didampingi Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, memberikan semangat baru dengan menyerahkan secara simbolis Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa Swadaya (DDS) Tahun Anggaran 2024.

Acara yang digelar di Lapangan Futsal, Kompleks Perkantoran Panango pada Senin (08/01/2024), berlangsung penuh khidmat.

Terastoday

Dalam suasana ceria, Bupati Iskandar mengumumkan bahwa untuk tahun 2024, DD dari APBN untuk 81 desa di Bolsel mencapai Rp. 59,8 milyar.

Baca Juga: Bupati Bolsel Serahkan NPHD Pilkada 2024

Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 0,9% dari tahun-tahun sebelumnya, atau sekitar Rp. 536 juta.

“Desa penerima Dana Desa tertinggi masih sama seperti tahun lalu, dengan Desa Milangodaa Barat berada di peringkat pertama, Momalia Dua di posisi kedua, dan Momalia Satu di peringkat ketiga,” ungkap Bupati dengan penuh semangat.

Bupati juga menyampaikan pesan khusus kepada para Sangadi (kepala desa.red) mengenai administrasi dan kelancaran program pemerintahan.

“Saya berharap agar kita dapat bekerja sama agar tidak ada program yang terbengkalai. Laporkan kepada saya jika ada kendala terkait dana desa,” tegasnya.

Tak lupa, Bupati mendorong para Sangadi untuk segera menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2024 sesuai dengan ketentuan undang-undang.

“Kerja sama antara Dinas PMD, Camat, dan Sangadi sangat penting untuk menyelesaikan program-program dengan baik,” tambahnya.

Dalam pengelolaan Dana Desa dan ADD, Bupati Iskandar menegaskan pentingnya kerja keras, cerdas, dan tuntas dari seluruh jajaran pemerintah desa.

“Mulai Januari 2024, desa sudah sepenuhnya menggunakan Siskeudes online. Ini menuntut ketepatan dan kecepatan karena semua pencatatan sudah digital dan terpantau oleh berbagai pihak, termasuk aparat penegak hukum dan KPK,” jelas Bupati Iskandar.

Dengan semangat baru ini, Bupati Bolsel memberikan pesan positif kepada para Sangadi untuk bersama-sama membangun desa dengan penuh tanggung jawab dan transparansi.

Check Also

Kukuhkan Pengurus FASI, Wabup Deddy: Bolsel Punya Banyak Spot Olahraga Kedirgantaraan 

Terastoday.com,BOLSEL– Bolaang Mongondow Selatan kembali mencatat sejarah dengan Pengukuhan Pengurus Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) …