Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik, Diskominfo Bolsel Sosialisasikan Aplikasi PINAHANGI

Terastoday.com,BOLSEL– Dalam upaya meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bolmong Selatan menggelar Sosialisasi Peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi serta Penggunaan Aplikasi Layanan Humas dan Digitalisasi Informasi (PINAHANGI).

Sosialisasi yang turut melibatkan puluhan Jurnalis Bolsel ini, berlangsung di ruang rapat Diskominfo, Kawasan Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang Uki pada Kamis (9/11/2023).

Menurut Kadis Kominfo Aldy Gobel, kegiatan ini merupakan implementasi Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik yang mewajibkan badan publik membentuk struktur PPID.

Dimana, dalam perannya PPID bertugas mengelola informasi publik guna memastikan keterbukaan informasi di kalangan masyarakat.

Aldy menjelaskan, salah satu fokus utama kegiatan tersebut yakni mensosialisasikan Aplikasi Layanan Humas dan Digitalisasi Informasi, atau PINAHANGI.

“Aplikasi ini dikembangkan oleh Diskominfo Bolsel sebagai alat pendukung kinerja PPID. PINAHANGI memainkan peran penting dalam mengelola informasi terkait Program Kerja dan kebijakan-kebijakan strategis Pemerintah Daerah,” tuturnya.

Pun ia mengungkapkan, Aplikasi PINAHANGI tidak hanya memudahkan PPID dalam tugasnya, tetapi juga membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan PINAHANGI, informasi terkini terkait kebijakan pemerintah dapat diakses dengan cepat dan mudah, mengikuti semangat era digital yang semakin berkembang,” pungkasnya.

Sebagai informasi, aplikasi PINAHANGI saat ini telah diajukan sebagai Proyek Perubahan dari Kadis Kominfo Aldy Gobel dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXVI Tahun 2023.

Editor: Chandra Mokoagow

Check Also

Polres Bolsel Jamin Ketenangan Umat Kristiani Pada Perayaan Ibadah Jumat Agung dan Paskah

Terastoday.com,BOLSEL – Kehadiran Personel Polres Bolaang Mongondow Selatan, dalam menjaga keamanan dan ketertiban pada perayaan …