Bupati Iskandar Kamaru secara resmi merilis dua Aplikasi inovatif untuk mendukung pelayanan publik di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Bupati Bolsel Luncurkan Dua Aplikasi Inovatif

Terastoday.com,BOLSEL– Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Bolmong Selatan, Bupati Iskandar Kamaru baru-baru ini merilis dua aplikasi inovatif, yaitu Sistem Pelaporan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan (SILARAS) serta Aplikasi Digitalisasi Informasi dan Informasi Kehumasan (PINAHANGI).

Bupati Iskandar Kamaru secara resmi merilis dua Aplikasi inovatif bagi pelayanan publik di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Agenda peluncuran aplikasi pelayanan publik itu digelar di Lapangan Futsal yang terletak di Kawasan Perkantoran Panango, Rabu (15/11/2023), dan turut dihadiri Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Pimpinan dan jajaran  SKPD, Ketua DPRD Bolsel serta jajaran stakeholder se-Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Dalam kesempatannya, Bupati Iskandar Kamaru memberikan apresiasi pada kedua pimpinan OPD tersebut, karna dianggap mampu memberikan terobosan cemerlang guna mendukung pelayanan publik yang prima dan tranparansi.

Pun Iskandar Kamaru berharap,
hadirnya SILARAS dan PINAHANGI dapat memudahkan masyarakat maupun satuan pendidikan dalam mewujudkan visi dan misi Pemda Bolsel.

“Penerapan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan publik, menjadikan lingkungan pendidikan lebih aman, dan menumbuhkan partisipasi aktif dalam pengembangan masyarakat lokal,”tukasnya.

SILARAS: Terobosan Dalam Penanganan Kekerasan di Sekolah

Aplikasi SILARAS merupakan solusi modern untuk melaporkan dan menangani kekerasan di satuan pendidikan. Dengan antarmuka yang sederhana dan user-friendly, SILARAS memudahkan pihak sekolah, guru, dan orang tua untuk berpartisipasi aktif dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang aman dan nyaman.

Ditempat yang sama, Rante Hattani selaku Kepala Dinas Pendidikan Bolsel, menjelaskan peraturan ini mengamanatkan satuan pendidikan untuk membentuk Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) dan mengharapkan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah dalam membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk memperkuat tata kelola serta civitas pendidikan.

“SILARAS dirancang untuk melaporkan dan menangani tindakan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan, diharapkan dapat menjadi alat yang efektif dalam menjamin keselamatan siswa,” tegas Rante Hattani.

PINAHANGI: Digitalisasi Informasi dan Kehumasan untuk Kabupaten yang Lebih Terhubung.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Aldy Setiawan Gobel, mengungkapkan Aplikasi PINAHANGI bertujuan untuk meningkatkan konektivitas informasi di Kabupaten Bolmong Selatan.

Dimana, aplikasi tersebut menyajikan berita terkini, informasi kehumasan, dan beragam konten informatif lainnya secara digital.

“PINAHANGI adalah langkah maju kami dalam menghadirkan informasi dengan lebih mudah diakses oleh masyarakat. Kami ingin memastikan bahwa setiap warga dapat dengan cepat mendapatkan berita terbaru dan informasi terkini mengenai pembangunan di kabupaten ini,” ujar Aldy Setiawan Gobel.

Turut hadir dalam acara peluncuran tersebut, antara lain Ketua DPRD, ketua komisi, Sekretaris Daerah (Sekda), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Pusat Mobilisasi Guru Provinsi Sulut, dan Kepala Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulut.

Editor: Chandra Mokoagow

Check Also

Bupati Bolsel Sebut Desa Soguo Layak Jadi Juara Lomba Desa di Tingkat Provinsi Sulut

Terastoday.com,BOLSEL– Bupati H. Iskandar Kamaru menyambut kunjungan rombongan Tim Penilai Lomba Desa tingkat Provinsi Sulawesi …