Wabup Bolsel ikuti Lokakarya Internalisasi dan Institusionalisasi Nilai Pancasila yang digelar BPIP-RI

Wabup Deddy Abdul Hamid Ikuti Lokakarya Pembentukan Perundangan-undangan Daerah oleh BPIP-RI

Terastoday.com,BOLSEL– Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Deddy Abdul Hamid mengikuti kegiatan Lokakarya Internalisasi dan Institusionalisasi Nilai Pancasila dalam Pembentukan Peraturan Perundang-undangan di Pemerintahan Daerah yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP-RI), di Hotel Mercure Batavia Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari itu, menurut Wabup Deddy, dibuka langsung oleh Kepala BPIP RI Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi MA, PhD yang diwakili Deputi Bidang Hukum, Advokasi, dan Pengawasan Regulasi Kemas Akhmad Tajuddin SH, MH.

“Dijelaskan Pak Deputi bahwa Pancasila merupakan dasar segala hukum serta Pancasila sebagai dasar dalam pembentukan perpu dan kebijakan,” kata Wabup Deddy yang dalam kegiatan tersebut didampingi Kepala Kesbangpol Syukri Van Gobel.

Ia melanjutkan, dari paparan tersebut diketahui bahwa regulasi yang ada 70% telah sesuai dengan Pancasila sehingga jika ada rekomendasi regulasi peraturan belum atau tidak sesuai dengan Pancasila maka regulasi tersebut harus direvisi atau dicabut.

“Sosialisasi ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya ketidaksesuaian antara regulasi dengan Pancasila dan saat ini BPIP telah bekerjasama dengan DPR-RI, Kemenkumham, Kemendagri serta Instansi terkait dan juga Pemerintah Daerah,” jelas Deddy. (Advertorial)

Check Also

Polres Bolsel Jamin Ketenangan Umat Kristiani Pada Perayaan Ibadah Jumat Agung dan Paskah

Terastoday.com,BOLSEL – Kehadiran Personel Polres Bolaang Mongondow Selatan, dalam menjaga keamanan dan ketertiban pada perayaan …