Mengenal Dr. H. Lexsy Mamonto: Jejak Karir dan Harapan Baru di Dunia Politik Sulawesi Utara

 “Dalam perjalanan politiknya, Dr. H. Lexsy Mamonto telah menciptakan jejak karir luar biasa. Artikel ini mengulas latar belakang, pendidikan, dan pengalaman politiknya, serta harapan baru yang dia bawa dalam politik Sulawesi Utara.”

Terastoday.com, POLITIK-Dalam perjalanan politiknya sebagai calon Anggota DPR-RI dari PDI Perjuangan Dapil Sulawesi Utara (Sulut), Dr. H. Lexsy Mamonto, S.H.,M.H (HLM), telah menorehkan jejak yang luar biasa.

H. Lexsy Mamonto,  adalah seorang figur yang semakin mencuat dalam dunia politik Sulawesi Utara. Sebelum memasuki panggung politik, HLM adalah seorang birokrat ulung yang berprofesi sebagai seorang hakim.

Perjalanan Karir yang Cemerlang

Dengan latar belakang pendidikan hukum yang kuat, HLM memulai karirnya sebagai Calon Hakim di Pengadilan Negeri Manado pada tahun 1988. Dari sana, perjalanan karirnya melambung pesat.

Selama puluhan tahun, HLM telah berkiprah di berbagai jabatan tertinggi di lembaga peradilan. Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Manado hingga Mei 2023, serta menduduki kursi ketua pengadilan di beberapa daerah, seperti Sungguminasa dan Jakarta Barat.

Selain itu, HLM juga memiliki pengalaman sebagai wakil ketua pengadilan tinggi di sejumlah pengadilan, termasuk di Manado, Palu, Jakarta Timur, dan Sungguminasa.

Di berbagai daerah seperti Bandung, Medan, Ambon, Bitung, Kendari, dan Jakarta Pusat, HLM mengisi jabatan sebagai Hakim Tinggi dan Hakim Tingkat Pertama.

Dengan berakhirnya masa pengabdiannya sebagai hakim pada golongan IVe dan memasuki usia ke-68 tahun, HLM memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPR-RI.

Keputusan ini didorong oleh tekad kuatnya untuk mengawal aspirasi masyarakat Sulut di Senayan.

Jenjang Pendidikan Lexsy Mamonto

Pendidikan adalah salah satu tonggak penting dalam perjalanan HLM. Beliau telah menyelesaikan pendidikan tinggi hingga tingkat doktor, yang meliputi:

S-3 Hukum Pidana dari Universitas Jayabaya (2016)
S-2 Hukum Perdata dari UMI Makassar (2007)
S-1 Hukum Perdata dari Universitas Sam Ratulangi Manado (1986)
D-III Ilmu Hukum dari Universitas Sam Ratulangi Manado (1980)
SLTA/SEDERAJAT dari SMA Negeri Kotamobagu (1974)
SLTP/SEDERAJAT dari SMP Negeri 1 Kotamobagu (1971)
SD dari SD Negeri Mojag (1968

Peran Keluarga dalam Tekad Berpolitik

Dalam kehidupan pribadinya, HLM memiliki keluarga yang mendukungnya, termasuk istri tercintanya, Hj. Fitriwaty Koto, dan tiga anak yang diberkati, yaitu Rio Lery Putra Mamonto, Muhammad Aditya Cakrawardaya Mamonto, dan Nadira Athia Mamonto.

Kesuksesan HLM juga tidak terlepas dari dukungan keluarga besar yang melibatkan saudara-saudara kandungnya.

Hadir sebagai wajah baru di pencalonan anggota legislatif, Dr. H. Lexsy Mamonto adalah sosok yang menghadirkan harapan baru dalam dunia politik Sulawesi Utara.

Keberaniannya dan pengalaman yang dimilikinya adalah modal berharga dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat di Senayan.

Harapan Baru di Perpolitikan Sulawesi Utara

Dengan latar belakang hukum dan karir panjangnya, HLM siap mewakili dan membawa perubahan bagi Sulawesi Utara di tingkat nasional.

Dengan jejak karir yang mengesankan dan harapannya yang membawa angin segar, Dr. H. Lexsy Mamonto adalah sosok yang layak diperhatikan dalam politik Sulawesi Utara.

Masyarakat Sulut berharap agar dia dapat menjadi suara mereka di tingkat nasional dan mewakili aspirasi mereka dengan sebaik-baiknya.***

Check Also

Pimpin Sertijab Wakapolres dan Kasat Intel, AKBP Indra:  Perubahan Positif dalam Manajemen Polri

Terastoday.com,BOLSEL– Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kabupaten Bolmong Selatan  AKBP. Indra Wahyu Madjid S.I.K menggelar upacara …