Terastoday.com
Muhafid SKM, Kepala UPTD Puskesmas Doloduo

Sempat Dikeluhkan Warga, Begini Penjelasan Kepala Puskesmas Doloduo

Muhafid menegaskan bahwa fungsi mobil ambulans di Puskesmas Doloduo hanya digunakan untuk pengantaran jenazah, tidak digunakan untuk tujuan lain.

Terastoday.com,BOLMONG– Kepala UPTD Puskesmas Doloduo, yang bertanggung jawab atas pelayanan kesehatan di Kecamatan Dumoga Barat, memberikan tanggapannya mengenai permasalahan yang diutarakan oleh warga terkait mobil Pusling, Sabtu (19/08/2023).

Menurut Muhafid, saat ini Puskesmas Doloduo hanya memiliki satu unit mobil Pusling (Puskesmas keliling) yang berfungsi untuk berbagai keperluan.

Baca Juga: Buruknya Pelayanan Mobil Ambulans di Puskesmas Doloduo, Menuai Kritikan

Dimana dalam peruntukannya, mobil Pusling ini digunakan untuk kegiatan seperti pengambilan vaksin imunisasi di Dinas Kesehatan, pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) dalam kegiatan dinas dan kemasyarakatan, rujukan pasien sakit, rujukan persalinan, pengambilan obat dari Gudang Farmasi, pengisian tabung oksigen ke Kotamobagu, serta berbagai kegiatan lainnya dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Muhafid menjelaskan bahwa pihak Puskesmas berupaya keras untuk mengcover semua aspek pelayanan melalui unit mobil Pusling.

“Jika ada pasien yang akan melahirkan dan berdasarkan pemeriksaan oleh bidan atau dokter, serta kendaraan Pusling harus standby, tim Puskesmas berusaha untuk memastikan mobil Pusling siap digunakan,” kata Muhafid.

Namun, dalam kasus tertentu seperti yang terjadi pada Jumat malam (18/08/2023), mobil Pusling baru saja kembali dari misi pengambilan vaksin dan tugas lain di Lolak.

“Memang hal seperti ini tanpa diduga, seperti insiden yang terjadi tadi malam di mana kunci mobil terbawa oleh sopir, karena faktor kelelahan yang dapat dimaklumi,” jelasnya lagi

Muhafid menegaskan bahwa fungsi mobil ambulans di Puskesmas Doloduo hanya digunakan untuk pengantaran jenazah, tidak digunakan untuk tujuan lain.

Dirinya juga menuturkan, meskipun terdapat kendala dalam mobilitas Pusling pada beberapa situasi tertentu, pihak UPTD Puskesmas Doloduo berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Upaya akan dilakukan untuk memastikan ketersediaan dan penggunaan mobil Pusling seoptimal mungkin, agar pelayanan kesehatan dapat tetap terjaga dengan baik,” pungkasnya.

Editor: Chandra Mokoagow

Check Also

Terastoday

Belum Kantongi Izin dan Dianggap Membahayakan, Aktivitas PT Surya Pratama Doloduo Diminta Berhenti Beroperasi

Terastoday.com,BOLMONG– Aktivitas eksplorasi PT. Surya Pratama Doloduo, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan emas …