Honda Vario 160
Viral vidio tiktok yang memperlihatkan motor Honda Vario 160 yang menggunakan teknologi eSAF mengalami patah di bagian rangka motor (sumber: Tiktok)

Ramai Diperbincangkan, Rangka eSAF pada Motor Honda Gampang Patah?

Kontroversi Mengelilingi Rangka Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) pada Motor Honda: Apa yang Harus Diketahui?

Terastoday.com, OTOMOTIF– Rangka Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang digunakan pada sejumlah motor Honda telah menjadi pusat perhatian belakangan ini.

Sebelumnya, teknologi eSAF oleh pabrikan PT. Astra Honda Motor (AHM) ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019. Dimana model motor Honda Genio menjadi cikal bakal pengguna rangka eSAF.

Meskipun awalnya diperkenalkan sebagai inovasi terbaru yang menjanjikan efisiensi konsumsi bahan bakar dan performa yang unggul, eSAF kini tengah ramai diperbincangkan karena laporan-laporan tentang keretakan dan keropos pada rangka tersebut.

Baca Juga: Pelayanan Mobil Ambulans di Puskesmas Doloduo Tuai Kritikan 

Sebagai langkah maju dalam teknologi rangka, AHM memperkenalkan Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) dengan harapan dapat meningkatkan performa, kestabilan, dan efisiensi kendaraan di beberapa motor Honda.

Konsep rangka ini dirancang untuk memberikan kekuatan yang lebih baik dengan berat yang lebih ringan, yang pada gilirannya diharapkan akan menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan pengalaman berkendara yang lebih memuaskan.

Namun, dalam beberapa bulan terakhir, laporan-laporan tentang keretakan dan keropos pada rangka eSAF mulai muncul di berbagai media sosial.

Fenomena ini telah memicu kekhawatiran dari para pemilik motor Honda yang menggunakan teknologi eSAF.

Baca Juga: Bakal Dirilis, Honda Scoopy 160 Geser Keberadaan Honda PCX dan Vario 160

Video yang menampilkan masalah rangka keropos ini bahkan telah menyebar luas di platform media sosial, mengundang perbincangan dan kekhawatiran lebih lanjut.

Sebagai konsekuensi dari perkembangan ini, Honda dihadapkan pada tantangan untuk menjaga kepercayaan konsumen terhadap teknologi eSAF dan produk-produknya.

Perusahaan ini harus bersikap transparan mengenai penyebab potensial dari keretakan dan keropos pada rangka eSAF, serta memberikan langkah-langkah yang akan diambil untuk mengatasi masalah ini.

Upaya peningkatan kualitas dan perbaikan teknologi menjadi hal yang sangat penting bagi Honda guna memastikan keselamatan dan kualitas kendaraan yang menggunakan eSAF.

Dalam menghadapi situasi ini, para pemilik motor Honda yang menggunakan rangka eSAF disarankan untuk mengikuti panduan pemeliharaan dan perawatan yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Jika terdapat tanda-tanda masalah pada rangka atau kendaraan secara keseluruhan, segera menghubungi bengkel resmi untuk pemeriksaan dan perbaikan yang diperlukan.

Kesimpulannya, kontroversi mengenai rangka Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) pada motor Honda mencerminkan tantangan yang dapat muncul dalam menghadirkan inovasi teknologi di dunia otomotif.

Sementara ada perhatian terhadap keretakan dan keropos pada rangka eSAF, ini juga merupakan peluang bagi Honda untuk meningkatkan kualitas produk dan memastikan keselamatan para pengendara.

Pun untuk teknologi eSAF yang ramai diperbincangkan ini, ada beberapa model motor pabrikan Honda yang menggunakannya.

Diantaranya, Honda Genio, Honda BeAT dan BeAT Street, Honda Scoopy serta Honda Vario 160.

Editor: Chandra Mokoagow