Bupati Bolsel Bacakan Arahan Presiden RI Dalam Momentum Harla Pancasila

Terastoday.com,BOLSEL– Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar upacara megah untuk memperingati Hari Lahir Pancasila di Alun-alun Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki, Kamis (01/06/2023).

Acara tersebut juga dirangkaikan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 dan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-115.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Bolsel, H. Iskandar Kamaru, Spt, MSi, yang didampingi oleh Wakil Bupati, Deddy Abdul Hamid, serta hadirnya forkopimda, perwakilan instansi vertikal, ketua TP-PKK, Ny. Selpian Manoppo Kamaru, Sekretaris TP-PKK, Ny. Rosdiana Abdul Hamid Lapatola, Sekretaris Daerah Bolsel, para asisten sekretaris daerah, satuan tugas ahli dan staf khusus, pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Aparatur Sipil Negara (ASN), para guru dan siswa, organisasi kemasyarakatan, serta tokoh-tokoh masyarakat.

Peringatan Hari Lahir Pancasila memiliki makna penting dalam memperingati momen bersejarah kelahiran dasar negara Indonesia, Pancasila. Acara ini bertujuan untuk mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia tentang nilai-nilai luhur Pancasila yang menjadi dasar ideologi negara dan landasan dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dalam kesempatan itu, Bupati membacakan arahan Presiden Joko Widodo yang menyebutkan Indonesia adalah satu dari sedikit negara yang berhasil menjaga stabilitas ekonomi, stabilitas sosial dan politik, inflasi terkendali investasi tumbuh dan lapangan kerja bertambah.

“Stabilitas tersebut dapat dijaga karena persatuan hingga gotong royong seluruh pihak, nilai-nilai tersebut landasannya Pancasila yang diwariskan presiden Soekarno. Mari tetap pegang teguh ideologi Pancasila demi kemajuan bangsa Indonesia, mari terus tanamkan Pancasila dan aktualisasikan nilai-nilainya dalam bermasyarakat,” ujarnya.

Selain peringatan Hari Lahir Pancasila, upacara ini juga memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang menjadi momentum untuk mengevaluasi perkembangan pendidikan di Indonesia dan menguatkan komitmen dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Hal ini sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Bolsel dalam meningkatkan akses dan mutu pendidikan bagi seluruh masyarakatnya.

Tidak hanya itu, peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-115 tahun juga menjadi bagian dari rangkaian acara tersebut. Harkitnas merupakan momen penting untuk mengenang semangat perjuangan para pahlawan bangsa dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Pada kesempatan ini, masyarakat Bolsel juga diingatkan akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan, serta memperkokoh nilai-nilai kebangsaan.

Bupati Bolsel, H. Iskandar Kamaru, Spt, MSi, dalam pidatonya menyampaikan pentingnya semangat kebersamaan dan gotong royong dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Bolsel. Ia juga menekankan betapa pentingnya peran pendidikan dalam membentuk generasi muda yang berkualitas, cerdas, dan memiliki sikap yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

Acara ini juga menjadi momentum untuk mengapresiasi para guru dan siswa yang telah berkontribusi dalam dunia pendidikan. Para guru diharapkan dapat terus menginspirasi dan membimbing. (Advertorial).

Check Also

Meriahkan Lebaran Ketupat, Bupati Bolsel Buka Lomba Balap Katinting

Terastoday.com,BOLSEL– Lebaran Ketupat selalu menjadi momen istimewa di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Dimana, Desa-desa di …