Mohamad Syahrudin Mokoagow
Reses Anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow, Mohamad Syahrudin Mokoagow di Desa Doloduo Tiga/foto:Terastoday

Gelar Reses, Syahrudin Mokoagow Terima Sejumlah Usulan Pembangunan Terkait Infrastruktur

Terastoday.com,DPRD– Anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow, Mohamad Syahrudin Mokoagow, menggelar agenda Reses Masa Sidang I Tahun 2023, Minggu (11/02/23).

Agenda yang dipusatkan di BPU Desa Doloduo Tiga tersebut, turut dihadiri Camat Dumoga Barat, unsur TNI/Polri, sejumlah Sangadi (red.kepala desa) se Kecamatan Dumoga Barat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda serta para undangan.

Terastoday.com

Dalam kesempatannya, anggota Komisi I Fraksi PKS ini mengatakan Reses adalah masa kerja anggota DPRD yang dilakukan di luar masa sidang.

Baca Juga: Honda Segera Rilis New Scoopy 160 CC 

Selama agenda reses, anggota DPRD dapat melakukan kunjungan kerja ke daerah pemilihan masing-masing guna menjaring aspirasi dari masyarakat serta para pemangku kepentingan.

“Salah satu fungsi Legislatif adalah menjembatani aspirasi masyarakat ke pemerintah baik di daerah, provinsi hingga ke tingkatan pemerintah pusat,” kata Mohamad Syahrudin.

Ia melanjutkan, melalui agenda serap aspirasi ini, anggota DPRD akan mengetahui apa-apa yang menjadi tuntutan masyarakat khususnya konstituen di masing-masing dapil.

“Usulan-usulan yang tertuang hari ini, yang akan kami bawah untuk dituangkan ke dalam pokok-pokok pikiran (Pokir) dan dibahas secara kelembagaan, kemudian dimasukan ke pembahasan RKPD dengan para stakeholder,” jelasnya lagi.

Baca Juga: Suami Istri Wajib Coba Gaya Bercinta ini Agar Tetap Romantis

Disisi lain, Syahrudin mengingatkan para Sangadi agar ketika membuat usulan harus sesuai dengan skala prioritas pembangunan. Termasuk memikirkan dampak positif bagi masyarakat nantinya.

“Secara garis besar, rata-rata usulan dari masyarakat dan pemerintah desa hari ini adalah berkaitan dengan infrastruktur. Baik itu pembangunan jalan penghubung antar desa, jalan usaha tani serta penambahan gedung RKB di beberapa sekolah dasar,” sebut Mokoagow.

Diakhir penyampaiannya, Ia menghimbau agar pemerintah desa tak hanya bersandar pada Pokir anggota DPRD, melainkan harus mengawal usulan-usulan tersebut ke pembahasan Musrenbang tingkat kecamatan hingga ke tingkatan kabupaten.

Baca Juga: 3 Hal ini Fatal Dilakukan Umat Muslim Saat Sedang Berpuasa

Berikut sejumlah usulan para Sangadi dalam agenda Reses Mohamad Syahrudin Mokoagow:

Desa Doloduo Tiga: Pembangunan Sanimas lanjutan, Penerangan Jalan Umum, Sarana dan Prasarana Perpustakaan Desa, Alat Pertanian (Kultivator), Sarana dan Prasarana Olahraga bagi Pemuda.

Desa Toraut Induk: Penambahan gedung RKB SDN 2 Kosinggolan, Dana Hibah pembangunan Masjid An-Nur, Sumber Air Bersih (SAB), Talut Penguatan Tebing, Bibit Pertanian (Jagung).

Desa Doloduo: Pembangunan Jalan Penghubung antar desa, Pembuatan pagar Puskesmas, Pembangunan Saluran Drainase, Talut Penahan Tebing, Penerangan Jalan Umum, Pembangunan MCK.

Baca Juga: Megawati Tegas Menolak Penundaan Pemilu 2024

Desa Toraut Utara: Pengaspalan Jalan, Pengadaan Sarana Prasarana Pariwisata, Jaringan Irigasi, Pembangunan Jalan Usaha Tani, Jalan Paving.

Desa Toraut Tengah: Pengaspalan Jalan dan Paving Blok.

Desa Matayangan: Bibit dan Alat Pertanian, Pengadaan Alat Pembuatan Kue (KUBE), Pengadaan Alat Pembuatan Minyak Kelapa (KUBE), Tempat Pembuangan Sampah, Jalan Usaha Tani.

Desa Ikhwan: Pembangunan Jalan Penghubung Antar Desa, Pembangunan Tebing Penahan Banjir, Pembangunan MCK.***

Editor: Chandra Mokoagow

Check Also

Terastoday.com

Mulai Dilaksanakan, KPU Bolmong Gelar Pleno Rekapitulasi C-Hasil Selama 5 Hari

Terastoday.com,Bolmong– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow (Bolmong) resmi memulai rangkaian Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil …