Ilustrasi
Umat muslim wajib lakukan 5 hal ini sebelum menjalankan ibadah puasa/ilustrasi (Shutterstock)

5 Hal ini Penting Dilakukan Umat Muslim Dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Terastoday.com Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia.

Bulan suci ini selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya karena terdapat banyak keutamaan dan berkah yang dapat diperoleh selama menjalankan ibadah di dalamnya.

Menjelang datangnya bulan Ramadhan, terdapat beberapa hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap umat Islam sesuai dengan Sunnah Rasulullah Saw.

Baca juga: Ini Keutamaan Malam Nifsu Sya’ban Bagi Umat Muslim 

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan:

1. Menjaga puasa sunnah sebelum Ramadhan

Sebagai persiapan dalam menyambut bulan suci Ramadhan, Rasulullah Saw seringkali menjaga puasa sunnah sebelum datangnya bulan tersebut.

Hal ini dilakukan agar kita dapat terbiasa dengan suasana puasa sehingga nantinya dapat menjalankan puasa Ramadhan dengan lebih lancar.

Selain itu, dengan menjaga puasa sunnah sebelum Ramadhan, kita juga dapat memperbanyak amalan dan pahala di sisi Allah SWT.

Baca juga: Bupati Serahkan Dokumen LKPD Tahun Anggaran 2022 ke BPK RI 

2. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran merupakan hal yang sangat dianjurkan dalam Islam, terlebih lagi menjelang datangnya bulan Ramadhan.

Rasulullah SAW sendiri sangat menghargai dan mengutamakan bacaan Al-Quran pada bulan suci ini. Oleh karena itu, sebelum memasuki bulan Ramadhan, marilah kita memperbanyak membaca Al-Quran agar dapat memperoleh berkah dan keutamaan yang banyak di dalamnya.

3. Menjaga shalat malam

Shalat malam atau lebih dikenal dengan istilah tahajjud, juga merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam, terutama pada bulan Ramadhan.

Baca juga: Megawati Tegas Menolak Pemilu 2024 Ditunda 

Rasulullah SAW seringkali melakukan shalat malam untuk memperbanyak amalan dan pahala di sisi Allah SWT. Oleh karena itu, menjelang datangnya bulan Ramadhan, marilah kita memperbanyak shalat malam untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

4. Berinfak untuk orang yang membutuhkan

Berinfak atau bersedekah juga merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan dalam Islam, terutama pada bulan Ramadhan. Rasulullah Saw selalu mengajarkan umatnya untuk berinfak dan membantu orang yang membutuhkan.

Oleh karena itu, menjelang datangnya bulan Ramadhan, marilah kita memperbanyak berinfak dan membantu orang yang membutuhkan agar dapat memperoleh berkah dan keutamaan di sisi Allah SWT.

Baca juga: Wabub Bolsel Imbau Seluruh OPD Cermat Terkait Pengelolaan DAU Tahun 2023

5.Memperbaiki hubungan dengan sesama

Mempertahankan hubungan baik dengan sesama merupakan salah satu tuntutan agama Islam.

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, marilah kita memperbaiki hubungan dengan orang-orang di sekitar kita yang mungkin pernah kita sakiti atau kita abaikan.

Dengan memperbaiki hubungan dengan sesama, kita akan mendapatkan kedamaian dan kesejahteraan di dunia maupun di akhirat.***

Editor: Chandra Mokoagow

Check Also

Terastoday

Kenali Tanda-tanda Psikopat: ini 6 Ciri Umum yang Perlu Diwaspadai

Terastoday.com,RAGAM– Psikopat seringkali memiliki ciri khas tertentu yang dapat membantu kita mengidentifikasi keberadaan mereka di …